Mengenal lstilah dalam Microsoft Office Project 2010

Berikut beberapa istilah yang berhubungan dengan Microsoft Office Project 2010 beserta penjelasannya secara singkat:

· Task

Task adalah item pendukung utama sebuah proyek atau jenis-jenis pekerjaan dalam sebuah proyek. Suatu proyek baru harus berisi lebih dari 1 task agar bisa berjalan dengan baik.

image

· Duration

Duration adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pekeljjaan. Misalnya pekerjaan membersihkan lokasi membutuhkan waktu 2 hari maka pada Microsoft Project 2010 isi nilai duration-nya dengan nilai 2 day.

image

Dalam pengisian duration, Microsoft Project telah menyediakan default satuan Waktu, di antaranya:

 

Satuan

Inisial

menit (minute)

mins

jam (hour)

hrs

hari (days)

days

1 hari penuh (elapsed day)

ed

1 minggu penuh (elapsed week)

ew

minggu (week)

Wks

bulan (month)

monts

· Start

Start adalah nilai tanggal dimulainya suatu pekerjaan. Untuk pengisian kolom tanggal mulai, hanya dilakukan satu kali pada awal proyek. Adapun untuk tanggal mulai pekerjaan yang lain akan secara otomatis diisikan oleh Microsoft Project dengan acuan hitungan nilai duration yang dimasukkan.

· Finish

Dalam Microsoft Project, tanggal akhir pekerjaan disebut dengan Finish yang akan terisi secara otomatis dengan perhitungan tanggal mulai (Start) ditambah lama pekerjaan (Duration) untuk tampilan Start dan Finish dapat Anda lihat pada gambar berikut:

image

· Predecessor

Predecessor merupakan suatu hubungan/keterkaitan antara satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Misalnya, pekerjaan Pembuatan Pondasi (nomor ID 5) baru dapat berjalan setelah pekerjaan Penggalian Tanah (nomor ID 3) telah selesai maka pekerjaan penggalian tanah dapat dikatakan sebagai predecessor bagi pekerjaan pembuatan pondasi.

image

· Resources

Penggunaan sumber daya baik sumber daya manusia maupun material dalam Microsoft Project disebut dengan resources. Istilah lain yang mungkin sering digunakan adalah overlocated (pemakaian yang melebihi kapasitas). Sebagai contoh, dalam suatu proyek hanya memiliki 1 orang tukang kayu sementara dia harus melakukan 2 pekerjaan di 2 tempat yang berbeda. Microsoft Project akan memberikan tanda tersendiri bila salah satu resources mengalami overlocated.

image

· Cost

Cost adalah biaya yang dipergunakan untuk menjalankan sebuah proyek. Perhitungan biaya dapat dihitung per jam, harian, mingguan, bulanan, atau dapat pula berupa biaya borongan. Untuk perhitungan biaya yang digunakan keseluruhan akan dihitung sendiri oleh Microsoft Project dengan catatan seluruh komponen kerja telah dimasukkan kebagiannya masing-masing.

· Gantt Chart

Adalah bentuk tampilan dari hasil kerja Microsoft Project dalam bentuk batang horizontal 3 dimensi yang menggambarkan masing-masing pekerjaan beserta durasinya. Selain itu, grafik ini menunjukkan hubungan antara pekerjaan yang satu dengan yang lain.

· Baseline

Baseline adalah suatu rencana baik jadwal maupun biaya yang telah Anda setujui dan tetapkan. Baseline digunakan sebagai patokan dan perbandingan antara rencana kerja yang Anda punyai dengan kenyataan di lapangan.

· Tracking

Peninjauan hasil kerja di lapangan dengan rencana semula dalam Microsoft Project disebut dengan Tracking. Dengan tracking, Anda dapat rnembandingkan antara rencana dasar dengan kenyataan di lapangan.

· Milestone

Milestone digambarkan dengan nilai durasi 0, karena milestone hanya digunakan sebagai penanda dari serangkaian pekerjaan bahwa pada waktu tersebut pekerjaan telah selesai.

 

Itulah beberapa istilah istilah yang ada pada Microsoft OffIce Project beserta sedikit penjelasannya, semoga bermanfaat. Senyum dengan mulut terbuka

1 komentar:

  1. Sharing my experience to say,if someone need windows product keys,you can go to www.zescode.com to got.I'm here to buy a key, a hundred percent genuine.

    ReplyDelete

Auto Scroll Stop Scroll