Cara Transfer / Sharing File antara Android dan Windows dengan ES File Explorer


Transfer / Sharing File antara Android dan Windows tentu bukanlah hal yang susah untuk para pengguna Android, berbagai macam aplikasi dapat mendukung kegiatan ini. Salah satu aplikasi tersebut adalah ES File Explorer, aplikasi ini dapat berbagi file dengan Windows melalui jaringan Wi-Fi tentu caranya pun sederhana. Langsung saja ikuti petunjuk dibawah.

Langkah 1 : Koneksikan Komputer dengan Android dalam satu jaringan misalkan Jaringan Wi-Fi, Jika tidak ada jaringan Wi-Fi anda dapat membuat jaringan Wi-fi  sendiri menggunakan laptop anda. Lihatlah Cara Membuat Jaringan Wi-Fi Sendiri

Langkah 2 : Buat folder pada Komputer anda dimanapun yang anda suka. Berikan nama Folder itu sesuai keinginnan.

Langkah 3 : Share folder yang telah anda buat tadi ke- Everyone, berikan hak akses menjadi Read/Write

Langkah 4 : Buka aplikasi ES File Explorer pada perangkat Android Anda, tekan ikon dunia di pojok kiri atas, kemudian arahkan ke Network > LAN.
 
 

Langkah 5 : Pada bagian menu di bawah, tekan "Search" untuk mencari jaringan yang tersedia. Jika anda tidak melihat apa pun, pastikan bahwa perangkat Android dan Komputer Windows yang terhubung ke jaringan yang sama dan coba lagi. Jika berhasil, anda akan melihat username Windows komputer anda terdaftar dengan alamat IP-nya.
Langkah 6 : Tekan ikon untuk PC Windows Anda, jika Windows anda menggunakan password maka anda akan di minta untuk masukkan username Windows anda dan password.

Langkah 7 : Setelah itu folder yang telah anda Share tadi di komputer akan muncul, disini anda dapat mulai berbagi file dengan komputer menggunakan ES File Explorer.



Selesai..... Cukup mudah kan?? Sama halnya share file antar windows.
Sekian postingan kali ini, semoga gak error kayak Blog Error!!!

4 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Om boleh tanya... saya di langkah 6 selalu gagal pas masukin username sama password... padahal udah isi benar dan diulang berkali-kali... Kira-kira kenapa ya?

    thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Mungkin firewall komputer nya aktif, baik itu firewall Windows ataupun firewall anti virus.

    Coba cek, klo aktif matikan dahulu,.

    Tips: Share folder nya saja, jangan satu partisi.

    ReplyDelete

Auto Scroll Stop Scroll